Saturday, 15 March 2014 13:44

Forum Ketua SP Sepakati Pemilihan Logo FSP Sinergi BUMN

Cuaca terik Jakarta pada hari itu Kamis (13/3) tak memudarkan semangat puluhan Ketua Umum Serikat Pekerja dari berbagai BUMN di seluruh Indonesia hadir di Ruang Bima Kantor Pusat PT. Jasa Marga (Persero) Tbk yang terletak di Plaza Tol TMII Jakarta ini.

Tidak hanya berasal dari seputaran Jakarta, para Ketua Umum SP BUMN tersebut hadir dari pelbagai penjuru dan pelosok tanah air seperti Ketum SP. PT. LEN, Biofarma dari Bandung, Ketum SP PJT II dari Jatiluhur Purwakarta, Ketum SP PJT I dari Malang, Ketum SP Barata Indonesia dari Surabaya, Ketum SP PT. INKA dari Madiun bahkan Ketum SP PT. Inalum (Persero) dari Sumatera Utara.

Adalah Mispa Tampubolon, Ketua SP PT. Inalum (Persero) Paritohan ini misalnya, dia datang dari daerah Paritohan, Kecamatan Porsea, Kabupaten Tobasa Sumatera Utara untuk bersama-sama membahas hal yang penting dalam rangka persiapan pembentukan Federasi SP Sinergi BUMN yang dijadwalkan digelar di Surabaya pada tanggal 20 – 22 Maret 2014.

Selain membahas masalah teknis deklarasi dan Kongres I, masalah lain yang dibahas adalah Logo FSP Sinergi BUMN yang nantinya akan menjadi icon dan simbol/lambang perjuangan organisasi ini. Mengingat AD/ART masih belum ada, akhirnya diputuskanlah bahwa logo akan disepakati dalam forum Ketua SP yang menjadi anggota Federasi ini.

Logo yang disepakati cukup sederhana, menonjolkan gambar gerigi (roda) utuh berwarna biru dan tulisan “FEDERASI SERIKAT PEKERJA SINERGI BUMN”, berikut makna dari lambang tersebut :

RODA GERIGI menggambarkan simbol pekerja yang sinergis dan produktif.
   
WARNA BIRU PADA RODA GERIGI menggambarkan inspirasi, dinamika dan komunikasi menjadi pilar dalam organisasi ini, selain itu warna biru juga menandakan loyalitas, kemurnian dan harmoni.
   
Tulisan “FEDERASI SERIKAT PEKERJA” berwarna merah menunjukkan identitas organisasi ini merupakan organisasi Pekerja di tingkat Federasi, warna merah menggambarkan energi, kekuatan dan keberanian.
   
Tulisan “SINERGI” menunjukkan komitmen untuk bersinergi dalam visi besar mewujudkan kedigdayaan dan kedaulatan ekonomi bangsa bersama BUMN, serta bersinergi dalam meningkatkan kesejahteraan pekerja BUMN. Warna hitam menggambarkan perlindungan dan kekuatan.
   
Tulisan “BUMN” berarti simbol identitas “Badan Usaha Milik Negara” yang merupakan salah satu sokoguru perekonomian bangsa, pilar kedaulatan ekonomi bangsa dengan layanan dan jasa yang diberikan dengan kualitas yang baik dan harga yang terjangkau. Selain itu BUMN juga menjadi simbol implementasi amanat Pasal 33 UUD 1945.

Read 53820 times